Skip to main content

hukum bacaan nun & mim mati

HUKUM BACAAN NUN MATI


Nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ) jika bertemu dengan huruf-huruf hijaiyah, hukum bacaanya ada 5 macam, yaitu:

Izhar  (إظهار)
Izhar artinya jelas atau terang. Apabila ada nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ)bertemu dengan salah satu huruf halqi (ا ح خ ع غ ه ), maka dibacanya jelas/terang.

Idgom  (إدغام)
Idgom Bigunah (dilebur dengan disertai dengung)
Yaitu memasukkan/meleburkan huruf nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ)kedalam huruf sesudahnya dengan disertai (ber)dengung, jika bertemu dengan salah satu huruf yang empat, yaitu: ن م و ي
Idgham Bilaghunnah (dilebur tanpa dengung)
Yaitu memasukkan/meleburkan huruf nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ / نْ)kedalam huruf sesudahnya tanpa disertai dengung, jika bertemu dengan huruf lam atau ra (ر، ل)

Iqlab  (إقلاب)
Iqlab artinya menukar atau mengganti. Apabila ada nun mati atau tanwin(ـًـٍـٌ / نْ) bertemu dengan huruf ba (ب), maka cara membacanya dengan menyuarakan /merubah bunyi نْ menjadi suara mim (مْ), dengan merapatkan dua bibir serta mendengung.

Ikhfa  (إخفاء)
Ikhfa artinya menyamarkan atau tidak jelas. Apabila ada nun mati atau tanwin (ـًـٍـٌ /نْ) bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yang 15 (ت ث ج د ذ س ش ص ض ط ظ ف ق ك ), maka dibacanya samar-samar, antara jelas dan tidak (antara izhar dan idgham) dengan mendengung.

HUKUM BACAAN MIM MATI

Mim mati (مْ) bila bertemu dengan huruf hijaiyyah, hukumnya ada tiga, yaitu:ikhfa syafawi, idgom mim, dan izhar syafawi.

Ikhfa Syafawi  (إخفاء سفوى)
Apabila mim mati (مْ) bertemu dengan ba (ب), maka cara membacanya harus dibunyikan samar-samar di bibir dan didengungkan.

Idghom Mimi  ( إدغام ميمى)
Apabila mim mati (مْ) bertemu dengan mim (مْ), maka cara membacanya adalah seperti menyuarakan mim rangkap atau ditasyidkan dan wajib dibaca dengung.Idgham mimi disebut juga idgham mislain atau mutamasilain.

Izhar Syafawi  (إظهار سفوى)
Apabila mim mati  (مْ)  bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah selain huruf mim (مْ) dan ba (ب), maka cara membacanya dengan jelas di bibir dan mulut tertutup

Comments

Popular posts from this blog

MAKHORIJUL HURUF

      assalamualaikum wr.wb saya disini yang ingsya allah akan menjelaskan apa itu makhorijul huruf yang saya pelajari dari pesantren saya dan dari buku pesantren makhorijul huruf versi bahasa sunda 1.apa artinya makhorijul huruf?   >yaitu tempat keluarnya huruf. 2.makhroj itu kebagi berapa bagian? > kebagi dua bagian       A .makhorij menurut lugot       B .makhorij menurut istilah       * bagaimana patokana makhorij menurut lugot?               " yaitu                                                                   artinya:tempat keluar kelawan mutlaq         *bagaimana patokan makhorij kata istilah?                     "yaitu            artinya:nama buat tempat keluarnya huruf 3.huruf makhorijul kebagi berapa bagian?        >yaitu kebagi dua bagian           1.huruf kata lugot              patokan.            hartosna:mutlak ujungnya          2.huruf kata istilah             patokan.    

orang kaya MATI orang miskin MATI

              KEMATIAN MANUSIA hanyalah allah yang tau karena allah yang menciptakan kita dan allah pula yangmengatur segala kehidupan kita dari hanya segumpal darah menjadi seseorang manusia sekarang. dan allah pula telah menyertakan sampai mana kita hidup entah sekarang esok ataupun nanti kita tidak tahu sampai kapan umur kita bahagialah kamu jika menjadi orang miskin karena orang miskin dalam dunia akhirat sedikit dimintai pertanggung jawaban harta namun menjadi orang tak punya pun besar sekali ujianya namun jika kita berhasil meLALUI ujian tersebut ingsya allah kita mudah masuk ke syurganya allah swt mungkin kebanyakan orang ingin sekali menjadi orang kaya namun apakah tidak terpikir dipikiranmu menjadi orang yang mampu/orang kaya itu harus mengeluarkan hak orang lain apakah sanggup kita mengeluarkan hak orang lain tersebut dalam uang rp 100.000 rp2.500 itu hak orang lain bagaiman jika satu juta rp25000 itu hak orang lain bagaimana dengan semilyar? mun

Yang benar FPI atau POLISI

YANG BENAR FPI ATAU POLISI Assalamualaikum waro.waba Dari semua skenario yang ada cuman allah lahh yang tau sob.jadi kita jangan ambil pusing apalagi mencela dan membenci toh kita juga pasti akan mati! Pertahankan kebhinekaan tunggal ika kita jaga terus persatuan negara kesatuan indonesia